DUSUN LENGGEM SARI : KEINDAHAN DAN KEBERAGAMAN DI KAKI RINJANI

potret dusun lenggem sari
Potret dusun lenggem sari



Sebagai kabupaten yang masih tergolong baru, lombok utara masih tergolong sebagai daerah yang masih alami di pulau lombok. salah satu penyebabnya ialah lombok utara memiliki berbagai destinasi wisata alami seperti air terjun sendang gile dan tiu kelep, air terjun sekeper, taman nasional gunung rinjani, dan lainnya.  Selain itu, sebagian besar dusun di lombok utara masih tergolong sangat  alami dan sangat berdekatan langsung dengan alam.
Salah satu dusun yang masih tergolong sangat dekat dengan alam ialah Dusun Lenggem Sari. Dusun Lenggem Sari adalah sebuah dusun terpencil yang terletak di Desa Sambik Elen kecamatan bayan kabupaten lombok utara. Dari segi territorial, dusun ini adalah salah satu dari berbagai dusun di lombok utara yang berada dibawah kaki gunung rinjani. Dusun Lenggem Sari saat ini di huni oleh + 90 kepala keluarga.
Di tengah berbagai isu tentang perpecahan karena agama, ras, suku dan etnik, Dusun Lenggem Sari membuktikan bahwa indahnya perdamaian masih ada. Mayoritas penduduk Dusun Lenggem Sari  adalah penduduk yang berasal dari luar kecamatan bayan. Berbagai daerah asal penduduknya adalah lombok tengah, lombok timur dan lombok utara bagian gangga dan tanjung. Jika dikalkulasikan, penduduk Dusun Lenggem Sari yang merupakan warga bayan asli mungkin kurang dari 10%. Selain perbedaan asal yang tentu akan mempengaruhi kebiasaan masyarakat, penduduk Dusun Lenggem Sari terdiri dari dua agama dan kepercayaan yang berbeda yaitu Islam dan Buddha. Kendati demikian, hubungan sosial antar masyarakat tergolong normal dan damai. Rasa kepedulian dan keramahtamahan masih melekat antar sesama warga di Dusun Lenggem Sari  ini. Sejak berdirinya, tidak pernah ditemukan suatu  kasus perpecahan antar agama, ras dan etnik di dusun ini.
dusun lenggem sari
perayaan hari besar keagamaan di dusun lenggem sari

Potensi
Sebagai salah seorang warga di Dusun Lenggem Sari, penulis meyakini bahwa dusun ini memiliki berbagai potensi yang layak untuk dikembangkan. Dalam bidang pariwisata, dusun lenggem sari memiliki jalur untuk mengakses sebuah destinasi (air terjun) di aliran sungai kokoq puteq. Air terjun ini bernama air terjun umar maya. Satu tahun yang lalu (2018), Air terjun umar maya memiliki banyak peminat yang berkunjung untuk bersua foto dan menikmati dinginnya air yang berasal langsung dari gunung rinjani tersebut. Para pengunjung biasanya datang dari daerah lombok timur dengan memanfaatkan jalan yang dibuat PLTA di sana. Namun, karena bencana alam gempa bumi yang menimpa pulau lombok waktu itu, jalan yang bisa digunakan untuk mengakses air terjun ini ambruk dan tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu, air terjun umar maya saat ini hanya bisa diakses melalui daerah kabupaten lombok utara tepatnya dari dusun lenggem sari.
Selain air terjun umar maya yang masih tergolong alami dan sangat indah untuk dinikmati, Dusun Lenggem Sari adalah dusun yang berdekatan dengan gunung rinjani. Indahnya gunugn rinjani terlihat jelas dari dusun ini. Dengan paduan daerah yang masih sangat alami nan hijau, tempat ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai destinasi instagramable untuk kaula muda saat ini.
terjun umar maya dusun lenggem sari
Air terjun umar maya
Selain dalam bidang pariwisata, Dusun Lenggem Sari juga akan sangat menarik dengan multikulturalnya. Penulis meyakini, dusun ini adalah suatu daerah yang tepat untuk merasakan arti perdamaian dan persatuan yang sesungguhnya. Besar harapan penulis agar suatu saat nanti, dusun ini bisa dijadikan sebagai tempat penelitian tentang multikultural dan kearifan lokal, serta bisa berubah menjadi suatu kampung wisata. Hal inilah yang mendasari penulis menulis blog singkat ini.
Profesi penduduk
Mayoritas penduduk lenggem sari adalah petani jambu mente dan hanya beberapa orang saja dari penduduk dusun ini yang memiliki profesi non-petani seperti guru, pegawai dan lainnya. Hampir semua penduduk di Dusun Lenggem Sari memiliki lahan yang ditanami mente. Selain sebagai petani mente, penduduk juga biasa menanam beberapa jenis tanaman lainnya seperti padi, jagung, kacang dan lainnya. Belakangan ini, mayoritas warga Dusun Lenggem Sari tertarik untuk menambah pundi penghasilan dengan menanam umbi-umbian porang yang masih banyak dijumpai di daerah ini dan belum terawat sebelumnya. 

1 comment: