Terjun Batu Candi, Mutiara tersembunyi di pelosok negeri


Lombok utara memang dikenal sebagai tempat bersembunyinya berbagai spot wisata yang menarik untuk dikunjungi.  Hal ini dikarenakan masing masing kecamatan di lombok utara, memiliki destinasi wisata andalan yang dapat menggerakkan sektor perekonomian masyarakat. Sebagian besar dari destinasi  tersebut ialah destinasi yang sifatnya alami seperti air terjun, mata air, spot foto instagramable yang dibuat dialam, dan lainnya.
airt terjun batu candi desa sambik elen
air terjun batu candi desa sambik elen kec. bayan lombok utara

Salah satu destinasi wisata yang belum teralalu terekspos di lombok utara ialah air terjun Batu Candi. Air terjun ini berada di aliran sungai kokoq puteq (sungai putih) di Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Desa Sambik Elen sendiri adalah desa yang terletak di perbatasan antara Lombok Utara dan Lombok Timur. Jika diakses dari Kota Mataram, kita membutuhkan kurang lebih 3 jam perjalanan dengan jarak + 80 km.
Terjun ini dinamakan Batu Candi karena tepat ditengah aliran sungai tersebut terdapat batu yang tegak kokoh dan menyerupai candi. Berbeda dengan Air Terjun lainnya yang membutuhkan pertualangan untuk mengaksesnya, air terjun ini tergolong sangat mudah untuk dijangkau. Hal ini karena kita bisa memarkir kendaraan (khusus sepeda motor) tepat diatas terjun tersebut. Selanjutnya, kita hanya berjalan sekitar 10-15 meter untuk menikmati sensasi air terjun batu candi. Namun berbeda halnya jika pengunjung datang menggunakan mobil, jika ingin aman, sebaiknya mobil diparkir ditengah desa Sambik Elen. Selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki sekitar 200 meter.
Meski belum memiliki fasilitas yang lengkap seperti kawasan wisata lainnya, air terjun batu candi tidak bisa diragukan. Hal ini karena air terjun batu candi menawarkan keindahan alami seperti tebing dari bebatuan alam yang indah, pepohonan yang hijau, dan air yang sangat jernih dan sangat asyik untuk dinikmati karena berasal langsung dari aliran gunung rinjani. Oleh karena itu, hasil jepretan moment di lokasi air terjun ini bisa langsung dipublikasikan ke media sosial tanpa melalui tahap editing. Jika para pembaca ingin melihat berbagai moment yang diambil di lokasi air terjun ini, teman-teman bisa  mencarinya di platform media sosial dengan hastag #airterjunbatucandi.
Ok teman-teman, sampai disini dulu curatan pena ku kali ini ya....
Terima kasih sudah membaca blog aku, jika ingin bertanya dan ingin tau tentang terjun batu candi lebih lanjut, silahkan bubuhkan pertanyaan teman-teman dikolom komentar ya??
See you next time...




No comments:

Post a Comment