KARENA GADGET, TAK ADA LAGI KESERUAN DI MASA KECILKU


Kemajuan tekhnologi di era modern ini memang memberikan begitu banyak efek positif dalam kehidupan manusia. Salah satu bentuk kemajuan tekhnologi diera ini adalah adanya gadget yang semakin canggih dan kompleks. Selain sebagai sarana komunikasi lintas dunia, gadget juga  bisa mengakomodir berbagai bentuk aktivitas dalam kehidupan sosial. Hal ini tentu merupakan suatu kemajuan yang patut untuk kita syukuri.
Namun disisi lain, dengan adanya gadget ini, berbagai aktivitas natural yang ada pada kehidupan manusia perlahan-lahan mulai memudar. Salah satunya ialah permainan-permainan tradisonal pada anak-anak. Kebanyakan anak-anak pada saat ini tidak merasakan serunya bermain permainan-permainan tradisional kala itu. Anak-anak pada zaman ini cendrung berdiam diri dan menghabiskan waktu di dalam kamar atau di rumah untuk bermain game online atau play station. Berbeda halnya dengan anak pada zaman dulu,  biasanya mereka keluar rumah untuk bermain bersama teman sebayanya di tempat terbuka atau lapangan luas.
Fenomena diatas tentu merupakan suatu hal yang sangat miris bagi kita. Hal ini karena dalam permaianan era itu, ada begitu banyak nilai dan fungsi yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang seorang anak. Mayoritas permainan tradisonal zaman dulu adalah permainan fisik yang akan melatih perkembangan dan pertumbuhan seorang anak. Salah satu permainan jaman dulu yang kerap saya mainkan bersama teman sebaya adalah permainan selodor (permainan zaman dulu di pulau lombok).
Anak anak diera 90-an dulu yang bermukim di pulau lombok mungkin tidak asing lagi dengan permainan selodor ini. Permainan selodor adalah permainan melatih kerjasama tim untuk menghalang lawan melewati garis-garis yang dibuat sebelumnya diatas tanah. Permainan ini tentunya dimainkan secara real dan tidak melalui dunia maya seperti permainan online saat ini. Selain itu, permainan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan fisik karena dalam permainan itu, para pemain dituntut untuk melakukan banyak gerakan-gerakan untuk mencapai kemenangan.
            Gadget dan game onlinennya memang memberikan beberapa dampak positif bagi anak  seperti menambah Teman, membuat pola pikir semakin cepat, mengurangi stres, melatih kesabaran dan ketangkasan.  Namun, disisi lain dampak yang timbul dari adanya game online ini sangatlah berbahaya bagi pertumbuhan anak.  Beberapa dampak negatif yang mengancam anak saat terikat dengan game online diantaraya ialah :
1             1. Menimbulkan efek adiktif (ketagihan) sehingga menghambat produktifitas anak
         2.  Membuat sang anak terisolir dari kehidupan disekitarnya, karena cendrung berdiam diri                      dikamar
        3.  Membuat sang anak menjadi malas
        4.  Mengganggu kesehatan anak karena kurang tidur, terlalu lama memandang layar handphone,
        5.  Dll
Beberapa dampak negatif diatas tentu tidak kita harapkan untuk terjadi pada keturunan kita. Disisi lain, dampak negatif diatas akan bisa teratasi dengan pemainan-permainan tradisional zaman dulu. Oleh karena itu, masyarakat, pemerintah dan segenap stakeholder lainnya harus memikirkan kembali akan pentingnya permainan-permainan tradisional yang mulai pudar. Alangkah lebih baiknya jika permainan tradisional ini bisa direvitalisasi demi menghindari berbagai dampak negatif yang begitu dahsyat bagi pertumbuhan anak.
Memberikan gadget, playstation, dan lainnya kepada seorang anak bukanlah hal yang salah jika dilakuakan sesuai dengan kadar dan waktunya. Orang tua masa kini harus bisa membatasi anaknya yang masih dibawah umur dari cengkraman gadget. Rasa sayang bukanlah disalurkan dengan memberikan apa yang anak inginkan, melainkan memberikan apa yang anak butuhkan.

No comments:

Post a Comment